Agar Tetap Tampil Cantik Di depan Suami

paket umroh hemat dan murah

Pemesanan Hubungi :

Nama : indra    Kota : bekasi    Telp : 85288897066   

Hp : 843 843 29553    WA : 85885978339    PIN BB : 5403DA02   

Halaman Pertama Google Di Jakarta Selatan

Halaman Pertama Google Di Jakarta Selatan

Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page one uang anda akan kembali 100%, untuk wilayah jakarta dan bekasi kami siap berkunjung ke kantor anda atau anda datang ke kantor kami.

Moro Sakato , adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, khususnya Jasa Pembuatan website, Jasa SEO, Aplikasi dan Multimedia. Kami adalah perusahaan jasa yang siap melayani permintaan pembuatan website, Sistem Informasi Manajemen / aplikasi, dan Multimedia.

Moro Sakato didirikan berdasarkan ide kreatif dari sekelompok generasi muda dengan latar belakang dan pengalaman kerja di bidang IT khususnya jasa pembuatan website dan Pengembangan aplikasi.

Moro Sakato didirikan di Bekasi, sebelumnya bernama Moro Kreatif, memiliki pengalaman selama kurang lebih 6 tahun, Moro  Sakato tumbuh menjadi sebuah perusahaan jasa pembuatan website dan aplikasi yang menyediakan jasa yang berkualitas.

Jasa SEO Bergaransi

 








PENGETAHUAN UMUM TENTANG IBADAH HAJI

Syarat, Rukun, dan Wajib Haji

Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijjah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

Syarat Haji

1. Islam

2. Akil Balig

3. Dewasa

4. Berakal

5. Waras

6. Orang merdeka (bukan budak)

7. Mampu, baik dalam hal biaya, kesehatan, keamanan, dan nafkah bagi keluarga yang ditinggal berhaji

 

Rukun Haji

Rukun haji adalah perbuatan-perbuatan yang wajib dilakukan dalam berhaji. Rukun haji tsb adalah:

1. Ihram

2. Wukuf di Arafah

3. Tawaf ifâdah

4. Sa`i

5. Mencukur rambut di kepala atau memotongnya sebagian

6. Tertib

Rukun haji tsb harus dilakukan secara berurutan dan menyeluruh. Jika salah satu ditinggalkan, maka hajinya tidak sah.

 

Wajib Haji

1. Memulai ihram dari mîqât (batas waktu dan tempat yang ditentukan untuk melakukan ibadah haji dan umrah)

2. Melontar jumrah

3. Mabît (menginap) di Mudzdalifah, Mekah

4. Mabît di Mina

5. Tawaf wada` (tawaf perpisahan)

Jika salah satu dari wajib haji ini ditinggalkan, maka hajinya tetap sah, namun harus membayar dam (denda).

 

Pelaksanaan Ibadah Haji (Manasik Haji)

Tata cara manasik haji adalah sebagai berikut:

1. Melakukan ihram dari mîqât yang telah ditentukan

Ihram dapat dimulai sejak awal bulan Syawal dengan melakukan mandi sunah, berwudhu, memakai pakaian ihram, dan berniat haji dengan mengucapkan Labbaik Allâhumma hajjan, yang artinya `aku datang memenuhi panggilanmu ya Allah, untuk berhaji`.

Kemudian berangkat menuju arafah dengan membaca talbiah untuk menyatakan niat:

Labbaik Allâhumma labbaik, labbaik lâ syarîka laka labbaik, inna al-hamda, wa ni`mata laka wa al-mulk, lâ syarîka laka

Artinya:

Aku datang ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu; Aku datang, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang; Sesungguhnya segala pujian, segala kenikmatan, dan seluruh kerajaan, adalah milik Engkau; tiada sekutu bagi-Mu.

2. Wukuf di Arafah

Dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah, waktunya dimulai setelah matahari tergelincir sampai terbit fajar pada hari nahar (hari menyembelih kurban) tanggal 10 Zulhijah.

Saat wukuf, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu: shalat jamak taqdim dan qashar zuhur-ashar, berdoa, berzikir bersama, membaca Al-Qur`an, shalat jamak taqdim dan qashar maghrib-isya.

3. Mabît di Muzdalifah, Mekah

Waktunya sesaat setelah tengah malam sampai sebelum terbit fajar. Disini mengambil batu kerikil sejumlah 49 butir atau 70 butir untuk melempar jumrah di Mina, dan melakukan shalat subuh di awal waktu, dilanjutkan dengan berangkat menuju Mina. Kemudian berhenti sebentar di masy`ar al-harâm (monumen suci) atau Muzdalifah untuk berzikir kepada Allah SWT (QS 2: 198), dan mengerjakan shalat subuh ketika fajar telah menyingsing.

4. Melontar jumrah `aqabah

Dilakukan di bukit `Aqabah, pada tanggal 10 Zulhijah, dengan 7 butir kerikil, kemudian menyembelih hewan kurban.

5. Tahalul

Tahalul adalah berlepas diri dari ihram haji setelah selesai mengerjakan amalan-amalan haji.

Tahalul awal, dilaksanakan setelah selesai melontar jumrah `aqobah, dengan cara mencukur/memotong rambut sekurang-kurangnya 3 helai.

Setelah tahalul, boleh memakai pakaian biasa dan melakukan semua perbuatan yang dilarang selama ihram, kecuali berhubungan seks.

Bagi yang ingin melaksanakan tawaf ifâdah pada hari itu dapat langsung pergi ke Mekah untuk tawaf. Dengan membaca talbiah masuk ke Masjidil Haram melalui Bâbussalâm (pintu salam) dan melakukan tawaf. Selesai tawaf disunahkan mencium Hajar Aswad (batu hitam), lalu shalat sunah 2 rakaat di dekat makam Ibrahim, berdoa di Multazam, dan shalat sunah 2 rakaat di Hijr Ismail (semuanya ada di kompleks Masjidil Haram).

Kemudian melakukan sa`i antara bukit Shafa dan Marwa, dimulai dari Bukit Shafa dan berakhir di Bukit Marwa. Lalu dilanjutkan dengan tahalul kedua, yaitu mencukur/memotong rambut sekurang-kurangnya 3 helai.

Dengan demikian, seluruh perbuatan yang dilarang selama ihram telah dihapuskan, sehingga semuanya kembali halal untuk dilakukan.

Selanjutnya kembali ke Mina sebelum matahari terbenam untuk mabît di sana.

6. Mabît di Mina

Dilaksanakan pada hari tasyrik (hari yang diharamkan untuk berpuasa), yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah. Setiap siang pada hari-hari tasyrik itu melontar jumrah ûlâ, wustâ, dan `aqabah, masing-masing 7 kali.

Bagi yang menghendaki nafar awwal (meninggalkan Mina tanggal 12 Zulhijah setelah jumrah sore hari), melontar jumrah dilakukan pada tanggal 11 dan 12 Zulhijah saja. Tetapi bagi yang menghendaki nafar sânî atau nafar akhir (meninggalkan Mina pada tanggal 13 Zulhijah setelah jumrah sore hari), melontar jumrah dilakukan selama tiga hari (11, 12, dan 13 Zulhijah).

Dengan selesainya melontar jumrah maka selesailah seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji dan kembali ke Mekah.

7. Tawaf ifâdah

Bagi yang belum melaksanakan tawaf ifâdah ketika berada di Mekah, maka harus melakukan tawaf ifâdah dan sa`i. Lalu melakukan tawaf wada` sebelum meninggalkan Mekah untuk kembali pulang ke daerah asal.

Larangan dalam Haji

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sudah memakai pakaian ihram dan sudah berniat melakukan ibadah haji/umrah adalah:

1. Melakukan hubungan seksual atau apa pun yang dapat mengarah pada perbuatan hubungan seksual

2. Melakukan perbuatan tercela dan maksiat

3. Bertengkar dengan orang lain

4. Memakai pakaian yang berjahit (bagi laki-laki)

5. Memakai wangi-wangian

6. Memakai khuff (kaus kaki atau sepatu yang menutup mata kaki)

7. Melakukan akad nikah

8. Memotong kuku

9. Mencukur atau mencabut rambut

10. Memakai pakaian yang dicelup yang mempunyai bau harum

11. Membunuh binatang buruan

12. Memakan daging binatang buruan

 

Macam-macam Haji

1. Haji ifrâd

Haji ifrâd yaitu membedakan ibadah haji dengan umrah. Ibadah haji dan umrah masing-masing dikerjakan tersendiri. Pelaksanaannya, ibadah haji dilakukan terlebih dulu, setelah selesai baru melakukan umrah. Semuanya dilakukan masih dalam bulan haji.

Cara pelaksanaannya adalah:

a. ihram dari mîqât dengan niat untuk haji

b. ihram dari mîqât dengan niat untuk umrah

2. Haji tamattu`

Haji tamattu` adalah melakukan umrah terlebih dulu pada bulan haji, setelah selesai baru melakukan haji.

Orang yang melakukan haji tamattu` wajib membayar hadyu (denda), yaitu dengan menyembelih seekor kambing. Jika tidak mampu dapat diganti dengan berpuasa selama 10 hari, yaitu 3 hari selagi masih berada di tanah suci, dan 7 hari setelah kembali di tanah air.

Cara pelaksanaannya adalah:

a. ihram dari mîqât dengan niat untuk umrah

b. melaksanakan haji setelah selesai melaksanakan semua amalan umrah

3. Haji qirân

Haji qirân adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah secara bersama-sama. Dengan demikian segala amalan umrah sudah tercakup dalam amalan haji.

Cara pelaksanaannya adalah:

a. ihram dari mîqât dengan niat untuk haji dan umrah sekaligus

b. melakukan seluruh amalan haji

 

Amalan-Amalan Haji

1. Mîqât

Mîqât adalah batas waktu dan tempat melakukan ibadah haji dan umrah. Mîqât terdiri atas mîqât zamânî dan mîqât makânî.

Mîqât zamânî adalah kapan ibadah haji sudah boleh dilaksanakan.

Berdasarkan kesepakatan para ulama yang bersumber dari sunah Rasulullah SAW, mîqât zamânî jatuh pada bulan Syawal, Zulkaidah, sampai dengan tanggal 10 Zulhijah.

Mîqât makânî adalah dari tempat mana ibadah haji sudah boleh dilaksanakan.

Tempat-tempat untuk mîqât makânî adalah:

• Zulhulaifah atau Bir-Ali (450 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Madinah

• Al-Juhfah atau Rabiq (204 km dari Mekah) bagi orang yang datang dari arah Suriah, Mesir, dan wilayah-wilayah Maghrib

• Yalamlan (sebuah gunung yang letaknya 94 km di selatan Mekah) bagi orang yang datang dari arah Yaman

• Qarnul Manazir (94 km di timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Nejd

• Zatu Irqin (94 km sebelah timur Mekah) bagi orang yang datang dari arah Irak

2. Ihram

Ihram ialah niat melaksanakan ibadah haji atau umrah dan memakai pakaian ihram.

Bagi laki-laki, pakaian ihram adalah dua helai pakaian tak berjahit untuk menutup badan bagian atas dan sehelai lagi untuk menutup badan bagian bawah. Kepala tidak ditutup dan memakai alas kaki yang tidak menutup mata kaki.

Bagi wanita, pakaian ihram adalah kain berjahit yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah.

Sunah ihram adalah memotong kuku, kumis, rambut ketiak, rambut kemaluan, dan mandi. Kemudian melakukan shalat sunah ihram 2 rakaat (sebelum ihram), membaca talbiah, shalawat, dan istighfar (sesudah ihram dimulai).

3. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali, dimulai dari arah yang sejajar dengan Hajar Aswad dan Ka`bah selalu ada di sebelah kiri (berputar berlawanan arah jarum jam).

Syarat tawaf adalah:

1. Suci dari hadas besar, hadas kecil, dan najis

2. Menutup aurat

3. Melakukan 7 kali putaran berturut-turut

4. Mulai dan mengakhiri tawaf di tempat yang sejajar dengan Hajar Aswad

5. Ka`bah selalu berada di sisi kiri

6. Bertawaf di luar Ka`bah

Sedangkan sunah tawaf adalah:

1. Menghadap Hajar Aswad ketika memulai tawaf

2. Berjalan kaki

3. al-idtibâ, yaitu meletakkan pertengahan kain ihram di bawah ketiak tangan kanan dan kedua ujungnya di atas bahu kiri

4. Menyentuh Hajar Aswad atau memberi isyarat ketika mulai tawaf

5. Niat.

Niat untuk tawaf yang terkandung dalam ibadah haji hukumnya tidak wajib karena niatnya sudah terkandung dalam niat ihram haji, tetapi kalau tawaf itu bukan dalam ibadah haji, maka hukum niat tawaf menjadi wajib, seperti dalam tawaf wada` dan tawaf nazar.

6. Mencapai rukun yamanî (pada putaran ke-7) dan mencium atau menyentuh Hajar Aswad

7. Memperbanyak doa dan zikir selama dalam tawaf

8. Tertib, dilaksanakan secara berurutan

Macam-macam tawaf adalah:

Tawaf ifâdah

Tawaf sebagai rukun haji yang apabila ditinggalkan maka hajinya menjadi tidak sah.

Tawaf ziyârah

Tawaf kunjungan, sering juga disebut tawaf qudûm, yaitu tawaf yang dilakukan setibanya di kota Mekah.

Tawaf sunah

Tawaf yang dapat dilakukan kapan saja.

Tawaf wada`

Tawaf perpisahan, yaitu tawaf yang dilakukan sebelum meninggalkan Mekah setelah selesai melakukan seluruh rangkaian ibadah haji.

4. Sa`i

Sa`i adalah berjalan dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa sebanyak 7 kali.

Syarat sa`i adalah:

1. Seluruh perjalanan sa`i dilakukan secara lengkap, tidak boleh ada jarak yang tersisa

2. Dimulai dari Shafa dan berakhir di Marwa

3. Dilakukan sesudah tawaf

4. Dilakukan sebanyak 7 kali perjalanan

Sedangkan sunah dalam sa`i adalah:

1. Berdoa di antara Shafa dan Marwa

2. Dalam keadaan suci dan menutup aurat

3. Berlari kecil antara 2 tonggak hijau

4. Tidak berdesakan

5. Berjalan kaki

6. Dikerjakan secara berturut-turut

5. Wukuf di Arafah

Wukud di Arafah adalah berdiam diri di padang Arafah sejak matahari tergelincir pada tanggal 9 Zulhijah sampai terbit fajar pada tanggal 10 Zulhijah (hari nahar), baik dalam keadaan suci maupun tidak suci.

Haji tanpa wukuf tidak sah dan harus diulang lagi pada tahun berikutnya. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud:

Haji itu `arafah, siapa yang datang pada malam mabît di Muzdalifah sebelum fajar menyingsing, ia sudah mendapatkan haji.

Ketika melakukan wukuf, disunahkan untuk tidak berpuasa, menghadap kiblat, berzikir, membaca istighfar, dan berdoa. Menurut riwayat Imam Ahmad, doa Nabi SAW ketika di hari arafah adalah:

Tiada Tuhan kecuali Allah, yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya seluruh kerajaan, bagi-Nya pula segala pujian, di tangan-Nya segala kebaikan, dan Ia Maha Kuasa atas segalanya.

6. Melontar Jumrah

Melontar jumrah ialah melempar batu kerikil ke arah 3 buah tonggak, yaitu ûlâ, wustâ, dan ukhrâ, masing-masing 7 kali lemparan. Hari melontar jumrah dimulai pada tanggal 10 Zulhijah, ke arah jumrah `aqabah atau jumrah kubra, dan 2 atau 3 hari dari hari-hari tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah) ke arah 3 jumrah yang telah disebutkan di atas.

Waktu melontar jumrah disunahkan sesudah matahari terbit. Bagi orang yang lemah atau berhalangan boleh melakukannya pada malam hari.

Adapun melontar jumrah pada 3 hari yang lain, hendaknya dimulai pada waktu matahari sudah mulai turun ke barat sampai saat matahari terbenam.

Ketika melontar jumrah disunahkan:

1. Berdiri dengan posisi Mekah ada di sebelah kiri dan Mina di sebelah kanan

2. Mengangkat tangan tinggi-tinggi bagi laki-laki

3. Membaca takbir ketika melempar batu yang pertama

Bagi orang yang berhalangan menyelesaikan haji dengan tidak melakukan wukuf di Arafah, tawaf, ataupun sa`i, apa pun penyebabnya, menurut pendapat jumhur ulama orang tsb wajib menyembelih seekor kambing, sapi, atau unta di tempat ia bertahalul.

Apabila ibadahnya itu ibadah wajib, ia harus meng-qadha pada tahun berikutnya, tetapi bila bukan ibadah wajib, ia tidak perlu meng-qadha.

Haji Akbar dan Haji Mabrur

Haji akbar (haji besar)

Istilah haji akbar disebut dalam firman Allah SWT pada surah At-Taubah: 3 yang artinya:

Dan (inilah) suatu pemakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin...

Ada beberapa pendapat ulama tentang haji akbar, yaitu haji akbar adalah:

• haji pada hari wukuf di Arafah

• haji pada hari nahar

• haji yang wukufnya bertepatan dengan hari jum`at

• ibadah haji itu sendiri beserta wukufnya di Arafah

Namun pendapat yang paling masyhur adalah pendapat yang menyatakan bahwa haji akbar adalah haji yang wukufnya jatuh pada hari jum`at.

Ada haji besar, ada pula haji asgar (haji kecil) yang merupakan istilah lain untuk umrah.

Haji mabrur

Haji mabrur adalah ibadah haji seseorang yang seluruh rangkaian ibadah hajinya dapat dilaksanakan dengan benar, ikhlas, tidak dicampuri dosa, menggunakan biaya yang halal, dan yang terpenting, setelah ibadah haji menjadi orang yang lebih baik.

Balasan bagi orang yang mendapat haji mabrur adalah surga. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya:

Umrah ke satu ke umrah berikutnya adalah penebus dosa di antara keduanya, dan haji mabrur ganjarannya tiada lain kecuali surga (HR Bukhari dan Muslim)

Dam (Denda)

Dam dalam bentuk darah adalah menyembelih binatang sebagai karafat (tebusan) terhadap beberapa pelanggaran yang dilakukan ketika melakukan ibadah haji atau umrah. Jenis dam adalah:

1. Dam tartîb

2. Dam takhyîr dan taqdîr

3. Dam tartîb dan ta`dîl

4. Dam takhyîr dan ta`dîl

1. Dam tartîb

Dam tartîb yaitu bila binatang yang disembelih adalah kambing, tetapi bila tidak mendapat kambing, harus melaksanakan puasa 3 hari di tanah suci dan 7 hari apabila telah pulang ke kampung halaman.

Orang diwajibkan membayar dam tartîb karena 9 hal, yaitu:

1. Mengerjakan haji tammatu`

2. Mengerjakan haji qirân

3. Tidak wukuf di Arafah

4. Tidak melontar jumrah yang ke-3

5. Tidak mabît di Muzdalifah pada malam nahar

6. Tidak mabît di Mina pada malam hari tasyrik

7. Tidak berihram dari mîqât

8. Tidak melakukan tawaf wada`

9. Tidak berjalan kaki bagi yang bernazar untuk mengerjakan haji dengan berjalan kaki

2. Dam takhyîr dan taqdîr

Dam takhyîr dan taqdîr ialah boleh memilih menyembelih seekor kambing, berpuasa, atau bersedekah memberi makan kepada 6 orang miskin sebanyak 3 sa` (1 sa` = 3,1 liter).

Dam jenis ini dikenakan untuk satu diantara sebab-sebab berikut:

1. Mencabut 3 helai rambut atau lebih secara berturut-turut

2. Memotong 3 kuku atau lebih

3. Berpakaian yang berjahit

4. Menutup kepala

5. Memakai wewangian

6. Melakukan perbuatan yang menjadi pengantar bagi perbuatan seksual

7. Melakukan hubungan seksual antara tahalul pertama dan tahalul kedua.

3. Dam tartîb dan ta`dîl

Dam tartîb dan ta`dîl adalah pertama kali wajib menyembelih unta, apabila tidak mampu boleh menyembelih sapi, apabila tidak mampu juga baru menyembelih kambing 7 ekor.

Apabila tidak mendapat 7 ekor kambing, si pelanggar harus membeli makanan seharga itu dan disedekahkan kepada fakir miskin di tanah suci.

Dam jenis ini dikenakan karena pelanggaran melakukan hubungan seksual.

4. Dam takhyîr dan ta`dîl

Dam takhyîr dan ta`dîl adalah boleh memilih diantara 3 hal yaitu:

• Menyembelih binatang buruan yang diburu

• Membeli makanan seharga binatang buruan tsb dan disedekahkan

• Berpuasa satu hari untuk setiap 1 mud (5/6 liter)

Dam jenis ini dikenakan karena sebab-sebab:

1. Merusak, memburu, atau membunuh binatang buruan

2. Memotong pohon-pohon atau mencabut rerumputan di tanah haram.

Waktu dan tempat penyembelihan dam

Waktu penyembelihan dam yang disebabkan pelanggaran yang tidak sampai membatalkan atau kehilangan haji harus dilakukan pada waktu si pelanggar melakukan ibadah haji. Tetapi bagi dam yang disebabkan pelanggaran yang berakibat kehilangan haji, pelaksanaannya wajib ditunda sampai pada waktu melakukan ihram ketika meng-qadha haji.

Sedangkan tempat penyembelihan dam dan penyaluran dagingnya adalah di tanah haram.

Bagi orang yang melakukan haji, diutamakan menyembelihnya di Mina, sedangkan bagi orang yang melakukan umrah, menyembelihnya di Marwa.

Mewakilkan Haji

Perwakilan haji berlaku untuk seseorang yang mampu melakukan haji dari segi biaya, tapi kesehatannya tidak memungkinkan, seperti sakit yang parah atau karena usia tua.

Dalam hal ini wajib orang lain untuk menghajikannya dengan biaya dari orang yang bersangkutan, dengan syarat orang yang menggantikan tsb sudah mengerjakan haji untuk dirinya sendiri.

Tetapi bila setelah dihajikan orang itu sembuh, menurut Imam Syafi`i, ia tetap wajib melakukan haji.

Perwakilan haji juga dapat dilakukan atas orang yang sudah meninggal, asalkan orang tsb berkewajiban haji, antara lain mempunyai nazar dan belum dapat melaksanakannya. Hal ini didasarkan pada hadist yang meriwayatkan bahwa seorang lelaki mendatangi Nabi SAW:

`Ayah saya sudah meninggal dan ia mempunya kewajiban haji, apakah aku harus menghajikannya?` Nabi SAW menjawab, `Bagaimana pendapatmu apabila ayahmu meninggalkan hutang, apakah engkau wajib membayarnya?` Orang itu menjawab, `Ya`. Nabi SAW berkata, `Berhajilah engkau untuk ayahmu`.(HR. Ibnu Abbas RA)

Sumber : http://mihrabqolbi.com

Baca Artikel Lainnya : MELAKSANAKAN HAJI UMRAH, KEWAJIBAN YANG BERIHRAM DAN ZIARAH KE MASJID RASUL

 

  • INFO UMUM
  • Manfaat Cincau Hitam Bagi Kesehatan, Diet, dan Panas Dalam
    Tumbuhan janggelan (cincau hitam) adalah tanaman berbatang kecil dengan ujung batang yang juga ditumbuhi batang lagi. Batangnya terkadang menjalar di tanah dan sebagian lainnya tegak. Jasa seo terbaik


    Manfaat Ikan Bilih Bagi Kesehatan dan Anak
    Ikan bilih merupakan jenis ikan endemik yang mempunyai nama ilmiah Mystacoleucus padangensis. Habita t asli ikan bilih ini sendiri berada di Danau Singkarak, Sumatra Utara. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Legundi Bagi Kesehatan
    Tanaman legundi ini sangat cantik dan memiliki bunga bewarna ungu sehingga juga cocok bila digunakan sebagai tanaman hias. Jasa seo terbaik


    Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Manusia
    Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Jasa seo terbaik


    Manfaat Telur Ayam Arab
    Pada dasarnya, telur ayam arab memiliki manfaat yang hampir sama dengan telur ayam biasa. Hanya saja, kandungan gizi dari telur ayam arab jauh lebih banyak dan juga lebih tinggi, sehingga telur ayam arab saat ini data menjadi pilihan bagi anda yang ingin Jasa seo terbaik


    Manfaat Kafein untuk Kesehatan
    Kafein merupakan zat yang terkandung dalam beberapa tumbuhan seperti biji kopi, teh dan kakao atau kopi coklat. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Wortel untuk Kesehatan
    Perlu anda ketahui, selama ini, yang sering kita manfaatkan dari wortel adalah umbinya. Ya, umbi wortel yang berwarna oranye inilah yang merupakan bagian wortel yang selalu kita konsumsi. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan
    Daun singkong amat akrab di telinga sebagai salah satu lalapan yang menggiurkan lidah, atau dengan memasaknya dengan santan cair, yang biasa disebut sayur daun singkong. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh
    Manfaat selada yang pertama ialah karena kandungan proteinnya yang memang diketahui sangat tinggi. Jasa seo terbaik


    Manfaat Kol Bagi Kesehatan
    Manfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan. Jasa seo terbaik


    Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh
    Manfaat kangkung yang paling unik dan tidak pernah disangka-sangka adalah kehebatannya dalam memerangi diabetes. Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Jasa seo terbaik


    Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan
    Manfaat kacang panjang yang paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat. Jasa seo terbaik


    Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh
    Manfaat jengkol belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, sangat sayang, padahal sayuran ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya yang empuk bila dimasak dengan ben Jasa seo terbaik


    Manfaat Buah Sawo dan Kandungan Nutrisinya
    Melihat kandungan nutrisi buah sawo yang beragam maka tidak heran jika masih ada kandungan nutrisi pendukung yaitu, antioksidan. Jasa seo terbaik


    Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya
    Mengkonsusi buah rambutan maka tubuh Anda akan sehat. Banyak sekali manfaat yang tidak akan membuat Anda jatuh sakit karena mengkonsumsi buah berdaging putih ini. Jasa seo terbaik


    Manfaat Salak Bagi Kesehatan Tubuh
    Setiap kali mengalami diare, tidak harus terburu-buru untuk mengambil obat. Tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami. Dengan mengkonsumsi secara signifikan kurang dua puluh gram daging buah-buahan segar yang masih muda dapat membantu untuk menghi Jasa seo terbaik


    Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan
    Salah satu manfaat terbaik dari buah delima adalah bahwajus delima memilikisifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut. Jasa seo terbaik


    Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh dan Nutrisinya
    Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jasa seo terbaik


    Manfaat Durian Montong untuk Kesehatan
    Cukup banyak kandungan dalam durian, sebab buah ini salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya berbagai vitamin seperti vtamin B, C, thiamin, niasin, serta riboflavin. Selain itu beberapa jenis mineral yang baik seperti kalium, kalsium, magn Jasa seo terbaik


    Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan
    Komposisi manfaat buah blewah sendiri begitu banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui memiliki mineral dan vitamin serta serat makanan yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jasa seo terbaik


    Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa
    Belimbing adalah salah satu buah eksotis yang kaya manfaat. Sekitar 100 gram buah belimbing, menyediakan 31 kalori yang jauh lebih rendah daripada untuk buah-buahan tropis populer lainnya. Selain itu, sejumlah nutrisi penting, antioksidan, dan vitamin men Jasa seo terbaik


    Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan
    Anggur hitam memilki rasa yang lebih manis dan juga lebih segar dibandingkan anggur biasa, dan cenderung memiliki kandungan air yang lebih tinggi. Di Indonesia, anggur hitam menjadi salah satu jenis anggur yang paling populer, dan juga memiliki harga yan Jasa seo terbaik


    Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan
    Peminat buah kelapa yang cukup banyak menyebabakan buah kelapa menpunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, hal ini menyebabkan buah kelapa banyak di jual di pasaran, serta buah kelapa mudah ditemukan dimana saja Jasa seo terbaik


    Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan
    Di Jepang teh hijau adalah minuman paling banyak diminati setelah air tawar, karena itu banyak pengusaha yang sukses besar hanya dengan membuka usaha kedai teh hijau sederhana. Jasa seo terbaik


    Manfaat dan Khasiat Akar Alang-alang serta Cara Pengolahannya
    Bagi petani, gulma harus dimusnahkan karena akan menghambat suburnya pertumbuhan tanaman pokok seperti padi, ubi, jagung, dan berbagai macam tanaman lainnya. Terdapat banyak sekali manfaat dan khasiat alang-alang yang dapat kita peroleh. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional
    Apa yang biasa kita lakukan ketika tiba-tiba terserang sakit ringan seperti flu? Bersin-bersin dan sakit kepala yang hebat melanda, disertai batuk berdahak yang membuat tenggorokan sakit. Jika sedang mengalami hal tersebut, biasanya kita akan segera menca Jasa seo terbaik


    Tips Kulit Cepat Putih Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu
    Salah satu tips kulit cepat putih yang pertama adalah dengan memanfaatkan buah pepaya. Jika untuk kesehatan, pepaya ini bisa membantu anda dalam melancarkan sisitem pencernaan, sedangkan untuk wajah, pepaya ini sering dipakai sebagai masker wajah. Jasa seo terbaik


    Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan
    Manfaat brokoli merupakan salah satu sayuran yang sering dibuatkan untuk anak-anak. Brokoli memang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Rambut, dan Kulit
    Manfaat daun sirsak di Indonesia sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manus Jasa seo terbaik


    Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan
    Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sulit diobati. Kulit manggis dapat dijadikan sebagai bahan obat alami yang sangat luar biasa untuk kanker. Jasa seo terbaik


    Manfaat Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan
    Pepaya merupakan salah satu buah yang bentuknya besar, dengan warna daging buah yang berwarna oranye. Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sudah banyak sekali pe Jasa seo terbaik


    Manfaat Bayam
    Bayam merupakan bahan makanan yang padat nutrisi, itu yang menjadikannya tidak kalah dari sayuran lain seperti pada manfaat kangkung, manfaat kacang panjang atau pun manfaat wortel. Pada seikat terdapat kandungan kalori, zat besi, vitamin B, vitamin A, vi Jasa seo terbaik


    Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan
    Tanaman berbunga indah biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menghias pekarangan rumah mereka. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan nilai estetika tersendiri. Namun tahukah Anda diantara begitu banyaknya tanaman berbunga indah tersebut nyatanya ada sa Jasa seo terbaik


    Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan
    Tanaman berbunga indah biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menghias pekarangan rumah mereka. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan nilai estetika tersendiri. Namun tahukah Anda diantara begitu banyaknya tanaman berbunga indah tersebut nyatanya ada sa Jasa seo terbaik


    Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Tradisional
    Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan flora dan juga faunanya, baik itu yang asli berasal dari dalam negeri maupun pembudidayaan dari luar, yang pada kenyataannya tanah dan juga iklim disini sangatlah cocok untuk pertumbuhan berbagai macam t Jasa seo terbaik


    Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Polong
    Anda tentu sering mendengar kacang polong atau kacang ercis. Salah satu dari berbagai macam jenis kacang-kacangan yang bisa kita konsumsi ialah kacang polong. Kacang polong mempunyai rasa yang sangat enak, ia juga dapat di campurkan di berbagai macam mas Jasa seo terbaik


    Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam
    Labu siam sangat populer dengan nama manis. Buah yang berasal dari tanaman yang merambat dengan berpegangan di media sulur ulet ini memang sudah populer di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan media tumbuh seperti tanah yang basah dan lembab, tumbuhnya bis Jasa seo terbaik


    Manfaat Tauge (Toge) untuk Kesehatan
    Toge atau tauge ialah salah satu jenis sayuran yang seringkali dikonsumsi untuk dijadikan lauk auk ataupun lalapan makanan. Menu makanan yang disebut juga sebagai kecambah ini mempunyai kandungan yang istimewa seperti halnya kandungan antioksidan, senyawa Jasa seo terbaik


    Manfaat Kacang Kedelai dan Kandungan Gizinya
    Kacang kedelai ialah salah satu jenis polong-polongan yang memiliki kandungan nutrisi yang begitu baik untuk tubuh. Di Indonesia banyak sekali olahan kacang kedelai contohnya seperti tahu, tempe, hingga susu kedelai. Bahkan di beberapa negara seperti Cina Jasa seo terbaik


    7 Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan
    Mengkonsumsi sayuran merupakan sebuah proses yang baik untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh. Namun, sebenarnya bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi bisa pula untuk kecantikan yang ingin diperoleh secara alami. Begitu juga dengan daun Selada yang mempu Jasa seo terbaik


    Resep Herbal Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
    Cuci bersih temulawak dan jati belanda. Rebus dalam air mendidih selama setengah jam. Saring dan minumlah selagi hangat bersama minyak zaitun dan jintan hitam (Habbatussauda). Jasa seo terbaik


    Khasiat Buah Alpukat
    Jika dipilah, kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat adalah sebagai berikut: 95 mg fosfor; 23 mg kalsium; 1,4 mg zat besi; 9 mg sodium; 1,3 mg potasium; 8,6 mg niacin; 660 mg vitamin A; dan 82 mg vitamin C. Jasa seo terbaik


    Khasiat Buah Abiu
    Daging buah abiu berwarna putih bening dengan rasa khas manis legit dan segar. Ada yang menggambarkannya seperti rasa kelapa muda, namun ada juga yang menyetarakannya dengan paduan susu dan karamel. Karena dagingnya lembek dan sedikit berair, abiu dapat d Jasa seo terbaik


    HATI-HATI POTATO CHIPS MENYEBABKAN RISIKO KANKER
    Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang paling di takuti di dunia, selalin sulit disembuhkan kanker juga berpotensi menyebabkan kematian. Penyakit kanker adalah sekelompok penyakit yang melibatkan sel-sel di bagian tubuh yang tumbuh diluar ken Jasa seo terbaik


    8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan
    KOMPAS.com - Sebagian orang gemar mengonsumsi kacang tanah. Meski memiliki bentuk yang kecil, namun kacang tanah mengandung kebaikan yang tinggi serta merupakan sumber protein. Jasa seo terbaik


    Cara Sehat Kurangi Kecanduan Ngemil
    KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, camilan ibarat sahabat dekat. Kehadirannya mampu memberi kenyamanan tersendiri. Kala sedang dilanda stres misalnya, sepotong cokelat manis bisa diandalkan untuk sedikit menenangkan pikiran. Jasa seo terbaik


    Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan
    Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Pria dan Wanita
    Kemangi mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Hal ini merujuk pada aroma khas yang keluar dari daun kemangi. Di Indonesia sendiri kemangi lebih sering dimanfaatkan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aro Jasa seo terbaik


    Manfaat Daun Sukun untuk Obat Penyakit Kronis
    Kemampuan daun sukun dalam mengobati beberapa penyakit kronis adalah karena senyawa yang terkandung di dalamnya. Daun sukun mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat bagi tubuh seperti polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Jasa seo terbaik


    30 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan
    Asam jawa memiliki nama latin Tamarindus indica dan termasuk dalam keluarga Fabaceae. Pohon ini berasal dari Afrika, di Indonesia biasanya ditanam sebagai pohon perindang di tepi jalan. Tingginya bisa mencapai 25 meter. Ini merupakan satu-satunya tumbuhan Jasa seo terbaik


jualkursimeja.com afycom.co.id kalibrasieba.com tokobungahana.com bm-aldima.com dewafurniture.com kilatjasa.com raffa-collection.com jagokonveksi.net konveksi-tangerang.com rajapipa.com mieayamgrobakan.net Victoriajaya.com besibeton-sni.com jasakirimmobil.net jerigenmurah.com Belitungwisata.com pusat-bungapapan.com pompahydrant.com grosirjilbabkerudung.com mansionpromo.co.id smartdetox-id.com nipponraya.co.id dealertruckmitsubishi.com pusatjualparfum.com amanwaterproof.com Standbrackettv.com hokijatijepara.com mesinbatakokt.com indonesiasurvey.com rendangindonesia.net besipipa.com ratukuebox.com buahmerahindonesia.com potplastik.com sumbertelorkilau.com jokkulit-mobil.com produksigentengmetal.com toiletportablebiogreen.com septictankmurah.com surabayamobilrental.com pestrapmitrasukses.com pulauseribu-marina.com styling-variasi.com karunia-safety.com promomobilhondabekasi.com harga-alkes.com travelumrohplus.com katalog-alkes.com afanfurniture.com bubbledrink.biz bubbledrink.net pompabooster.com internetmarketing-1.com inaproduct.com cantikcare.net centraltenda.com traveljabalrahmah.com Renovasibergaransi.com kambingmurah.com sarikerudung.com Karpet.biz jual-spreimurah.com kepulauanseribuindonesia.com aksesorismobil.biz tasgoodie.com mofucasual.net a-metrosport.com hijabsuplier.com mobilkurentcar.com pusatkomputerterbaik.com tokobunga-bandung.com rajapipa.biz rajapipa.net aluminiumcompositealucopan.com yeindratehnikusahamandiri.com jualpartlaptop.com Pusatpavingblock.com permatahousedigital.com toko-cafe.com bestjasa.com towertriangle.net detospartlaptop.com lampusorot.com agenwisatapulauseribu.com susukambingyogyakarta.com apy-rentacar.com hdpeindonesia.co.id mosa.co.id ruangsaunaspa.com anugerahvalve.com gibgis.com mti-ind.com dmrmmr.com eventorganizer-jakarta.com tokomitrasukses.com trinityprd.com titianroofandtruss.com pemutihwajah.co harcosparepartlaptop.com produksitopimurah.com bedcoverexclusive.com grosirspreistar.com centraltiket.com Outbound-puncak-bogor.com greentranztravel.com corlogam.biz buisbeton.net akarjati.net gulaarenasli.com mesinbata.biz ptadiyasa.com gentengmetalbajaringan.com authroizedpanasonicprojector.com tiarapesonatritunggal.com inaflorist.com jaya-advertising.com murakabi.net Javasphography.com gerai-mirza.com Showroommobilmewah.com jaskemejabatik.com rajabiotek.com javarakindo.org sumberpipa.com sumberinsulation.com galeripotplastik.com lantaikayuparkit.com lantaikayumurah.com dokumenperizinan.com dikatamaputraperkasa.com jualmesinkemasan.com alatpemadamapi.co kenzo-kenken.com ahlisedotwcbandung.com jasa-sedotwc.com gensetperkin.com alamsurvey.com navapakethajiumroh.com hidprovisionplus.net wiraadhitama.com konveksinet.com megaconprecast.com keduang.net grosirbantal.com angelitarentcar.co.id pusatjokkulit.com kantorsewa.net masshamradio.com becsparepartlaptop.com dyetnikshop.com Kaoscustommurah.com seragamkerjaoke.com hannamitra.com bogortenda.com sidatindonesia.com Jualbrackettv.com marketkantor.com rumah-mug.com mesinbataringansamacon.com atkragel.com jasa-pengecatan.com myrapersadaabadi.com jasasewamobilbox.com Jualtendapromosi.com kimifashionhijab.com salsabelastore.com prabufilm.com bumiwirastarayasejahtera.com produknasa.net Layanansedotwc.com ebookmanajemen.com anekafiber.com pusattowertriangle.com bungapapanjkt.com bukuherbalumrohhaji.com kosmetikherbals.com conblocknusantara.com jilbabbisabolakbalik.com derekmobil.com jualkakitanganpalsu.com Cakning.net moroproduk.com kursuswebprofesional.com perlengkapanuntukbayi.com rajajamasli.com jualmesinbatako.com Sumaterathawalib.com tangguhsm.co.id

Support Online

cv.morosakato
indra
Telepon
85288897066
Ponsel
843 843 29553
849 069 55207
WhatsApp
85885978339
Pin BB
5403DA02
Alamat
Jl. Damai I No. 37, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi 17124
bekasi, 17124
jawa barat - indonesia

Artikel Terbaru

Pembuatan Iklan Internet Di Gajah Mada

Kamis, 11 Juni 2015 | 11:18:06 am
Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page...
Read More

Halaman Pertama Google Di Jakarta

Kamis, 11 Juni 2015 | 11:15:21 am
Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page...
Read More

Halaman Pertama Google Di Jakarta Timur

Kamis, 11 Juni 2015 | 11:12:36 am
Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page...
Read More

Halaman Pertama Google Di Jakarta Barat

Kamis, 11 Juni 2015 | 10:44:39 am
Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page...
Read More

Halaman Pertama Google Di Jakarta Selatan

Kamis, 11 Juni 2015 | 10:21:20 am
Kami perusahaan jasa pembuatan website dan seo dengan ribuan kata kunci di jamin omset anda berlipat ganda dari yang sekarang, SEO yang kami tawarkan bergaransi, jika website yang anda SEO kan kepada kami tidak page...
Read More